PicsArt_06-16-04.02.10

Kota Pasuruan dikenal dengan Kota Santri . seni budaya di Pasuruan tidak jauh beda dengan Budaya Islam. Kehidupan masyarakat masih berupa perdesaan dan nelayan.di sisi lain, selain kegiatan tradisional Pasuruan juga mempunyai kegiatan modern.

para seniman di Kota Pasuruan membentuk Dewan Kesenian Pasuruan ( DKP). DKP sebagai pemersatu dan pengembangan kreatifitas di Pasuruan.

Candi Jawi

Candi ini berpola khas candi Hindu .Pengunjung bisa menikmati suasana Candi Shiwa Budha yang .  Dengan berfoto – foto di berbagai sudut candi, untuk mendapatkan keunikan bangunan candi. Keunikanya, terletak pada bahan batu yang terdiri dari dua jenis. Bagian bawah terdiri dari batu hitam, sedangkan bagian atas batu putih. Sehingga timbul dugaan, bahwa Candi Jawi dibangun dalam dua periode yang berbeda cara pembangunannya

Masjid cheng hoo Pandaan

Masjid Cheng Hoo dibangun dengan unsur budaya Islam dan Cina .menjadikan mesjid Cheng Hoo tampil menjadi arsitektur yang megah . tempat ini banyak didominasi unsur budaya cina. Hal ini dapat terlihat dari sentuhan warna .

 

Kue Cenil

cenil adalah salah satu jajanan rakyat. cenil dibentuk bulat, bulat memanjang ataupun kotak dengan banyak aneka warna cerah seperti merah, kuning dan hijau muda. Penyajian mirip dengan klepon, yaitu diberi taburan kelapa parut di atasnya.

Nasi Punel Bangil

Nasi punel merupakan salah satu kuliner khas Bangil. apabila perjalanan anda keluar kota melewati Bangil-Pasuruan, coba mampir di warung nasi punel. Pasti enak, selain nasinya yang punel menjadi ciri khasnya, lauk pauknya juga. Harganya juga relatif murah . Banyak sekali orang yang jual nasi punel di bangil.